4 HAL PENTING YANG WAJIB DIPERHATIKAN DALAM INSTALASI KARPET SAJADAH 5

4 HAL PENTING YANG WAJIB DIPERHATIKAN DALAM INSTALASI KARPET SAJADAH

 

  1. ARAH KIBLAT

Sebagai umat muslim yang menjalankan sholat wajib lima waktu dalam sehari, tentu kita sudah paham betul bahwa menghadap kiblat adalah salah satu syarat sah dalam sholat. Tentu saja hal ini merupakan unsur utama yang paling mendasar dan harus diperhatikan dengan betul. Namun, kadang beberapa masjid memiliki kendala dengan bangunan yang tidak simetris dengan arah kiblat sehingga tak jarang ditemui meski bangunannya persegi, namun arah kiblatnya serong. Hal ini sangat mempengaruhi dalam instalasi karpet sajadah. Dimana kadang saat membeli karpet sajadah gulungan di pasaran seringkali Deewan Kepengurusan Masjid (DKM) mengalami kesulitan saat menginstalnya sesuai dengan arah kiblat. Sehingga tak jarang karpet sajadah terpasang ‘seadanya’ dengan beberapa titik yang ‘kosong’ dan tidak rapi.

Untuk hal ini, biasanya hal yang pertama kali kami tanyakan pada klien saat berkonsultasi kepada kami saat berkonsultasi perihal instalasi adalah arah kiblatnya. Itulah mengapa kami tak segan untuk meminta foto ruangan dan layoutnya agar bisa kami pelajari dengan baik. Jika dalam beberapa kondisi pemasangan langsung ke lokasi tidak memungkinkan, layout inilah yang menjadi acuan kami dalam bekerja. Untuk itu, pastikan layout anda memiliki ukuran yang akurat, perhatikan juga berapa derajat tingkat kemiringan arah kiblat agar karpet sajadah bisa terpasang rapi sesuai yang diharapkan.

4 HAL WAJIB YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM INSTALASI KARPET SAJADAH2

 

 

  1. BENTUK DAN SUDUT RUANGAN

Bentuk ruangan yang umumnya kita kenal adalah persegi, dimana bentuk panjang berukuran lebih dibanding lebarnya. Namun tak jarang untuk ruang masjid maupun mushola tertentu, biasanya musholla kantor, bentuk ruangannya tidak simetris, banyak sudut sulit bahkan ada pula yang bentuknya sangat sulit untuk dipasang karpet sajadah yang membuat estetika ruangan ‘berkurang’ akibat ketidaksempurnaan karpet sajadah yang terpasang.

Salah satu klien kami yang menemui kendala ini adalah musholla gedung KPK Kuningan Jakarta

4 HAL WAJIB YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM INSTALASI KARPET SAJADAH1

  1. ADA TIDAKNYA PILAR

Keberadaan pilar atau tiang-tiang biasanya sering dijumpai di masjid berskala besar seperti masjid jami, masjid agung maupun masjid raya. Untuk hal ini, sangat disayangkan jika pemasangan karpet sajadah tidak maksimal. Kuantity karpet yang diperlukan tentu banyak dan berbanding lurus dengan dana yang dikeluarkan, namun jika pemasangannya tidak rapi dan terkesan terputus-putus akibat adanya pilar yang seolah ‘mengganggu’ kelurusan shaff maka akan sangat disayangkan dan ‘rugi’ adanya.

Kami telah menangani banyak masjid di hampir seluruh wilayah Indonesia yang memiliki pilar di dalamnya, salah satu klien kami yang paling memiliki banyak pilar adalah di Masjid Jami’ Al Kautsar Komplek Taman Sari, Jl. Gajah Mada, Tiban Baru, Sekupang, Kota Batam

Untuk memastikan karpet sajadah terpasang dengan rapi tanpa memotong shaff karena banyaknya pilar, instalasi kami lakukan langsung di lokasi dengan menerbangkan teknisi kami ke masjid tersebut.

4 HAL WAJIB YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM INSTALASI KARPET SAJADAH13

  1. MENYAMAKAN ARAH SHAFF

Satu hal yang paling sering dijumpai saat membeli karpet sajadah gulungan di pasaran adalah ukurannya yang sudah standart sekian meter pergulung dan tidak bisa disesuaikan dengan ukuran masjid. Hal ini sering membuat DKM kesulitan dalam menggelar karpet sajadah dengan arah shaff yang sama. Sehingga tak jarang karpet dibiarkan terbentang dengan arah yang berbeda, hal ini selain mengganggu estetika ruangan dengan pemandangan yang tidak nyaman dilihat, juga sedikit banyak akan mempengaruhi konsentrasi saat sholat. Salah satunya seperti foto di musholla klien kami di bawah ini:

4 HAL WAJIB YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM INSTALASI KARPET SAJADAH14

Tampak arah shaf karpet masjid tidak sama, dan pengurus musholla sepertinya kesulitan dalam memotong dan menyesuaikan dengan konsidi ruangan, sehingga terpaksa sisa lantai yang belum terpasang karpet dihamparkan sajadah dengan arah vertikal yang tidak sama dengan arah shaf lain.

Jika sudah begini, selain tak sedap dipandang, jamaah tentu akan kesulitan meluruskan dan merapatkan shafnya. Belum lagi dengan bentuk motif yang “ramai” membuatnya semakin terlihat “sesak”, bukan tidak mungkin akan sangat mengganggu konsentrasi saat sholat.

Untuk itulah, kami hadir dengan mengusung konsep karpet masjid “polos minimalis” dengan desain yang simple dan motif di bagian border sebagai pijakan kaki agar shaf bisa lebih lurus dan rapat. Motif yang polos juga kami pilih agar memudahkan proses isntalasi jika terdapat kendala seperti banyak sudut sulit, arah kiblat serong, banyak pilar, dan kendala lain yang memungkinkan karpet untuk dipotong menyeseuaikan kondisi masjid. Tak hanya menjual, kami pun juga melayanipemasangan karpet masjid hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>